Saturday 20 January 2024

Doa Memohon Kebaikan

Pada saat itu saya membuka instagram dan kemudian iseng melihat kembali postingan-postingan akun orang lain yang saya simpan atau dibookmark. Memang, saya selalu menyimpan postingan-postingan yang dirasa penting atau akan bermanfaat di kemudian hari.

Ada satu postingan yang menarik perhatian saya. Saya ingat ketika menyimpan postingan itu, akan saya buka lagi beberapa waktu setelahnya, namun karena tak sempat sehingga terus tersimpan di tab bookmark. Postingan itu tentang do'a memohon kebaikan. Biasa aja? Menurut saya lebih dari luar biasa. Do'a tersebut merupakan potongan ayat dari dalam Al-Qur'an yaitu surat Al-Qasas 28 Ayat 24. Ayat itu mengisahkan tentang nabi Musa Alaihisalam, yang kemudian berdoa kepada Allah Subhanahuwata'ala.

... رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

... rabbi innī limā anzalta ilayya min khairin faqīr

“Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”.


Doa memohon kebaikan itu ada banyak dan ini adalah salah satunya. Ada dalam ayat al-Qur'an, hadist Nabi dan dalam bacaan shalat.

Terkadang selalu timbul pertanyaan, "kapan doa itu akan dikabulkan?" itu wajar dan saya pernah mengalaminya, bahkan kalian juga pernah. Perlu ditanamkan juga untuk tidak goyah dan selalu percaya bahwa Allah mendengar dan akan mengabulkannya. Asal jangan pernah menyekutukan karena tidak pernah dikabulakan. Bersabarlah.

Doa-doa dengan niat baik tentu akan diijabah oleh Allah subhanahuwata'ala meskipun tidak tahu kapan pastinya. Pada dasarnya tidak ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah subhanahuwata'ala. Hanya saja mungkin ada konsep yang belum dipahami selama ini. Misalnya Adab berdoa, alasan tidak terkabulnya doa dan lainnya.

Beberapa waktu yang lalu saya membuka sebuah blog dengan nama katailmi dan membaca artikel yang berjudul SEBAB-SEBAB TIDAK TERKABULNYA DOA. Disana ditulis tentang keutamaan doa, sebab tidak terkabulnya doa dan syarat terkabulnya doa. Ada satu kalimat dalam salah satu paragraf yang ditandai dan menarik bagi saya. Saya membacanya berulang kali, kemudian faham dan mungkin bisa menjawab pertanyaan tadi, "kapan doa akan dikabulkan?"

Dalam kalimat itu ditulis, "Bisa jadi Allah mempercepat terkabulkan doa, atau Allah akan menyimpan sebagai tabungan kita di akhirat, bisa jadi kita dihindarkan oleh Allah Subhanahuwata'ala dari keburukan." 

Hal ini juga sama seperti apa yang pernah dikatakan oleh Habib Jafar Husein dalam kanal Youtube nya, "Kalian tidak sadar bahwa doa tersebut dikabulkan oleh Allah karena Allah tidak memberikannya di waktu yang cepat. Tetapi di waktu yang tepat. Allah mengabulkan sesuatu tidak berdasarkan yang kita inginkan, tetapi yang kita butuhkan"

Sekali lagi mengingatkan untuk tidak goyah atau putus harapan dan terus berdoalah kepada Allah subhanahuwata'ala. Apapun permohonan, permintaan, keluh kesah ataupun segala yang kita inginkan, mintalah kepada Sang Khalik. Satu hal yang penting adalah berdoa dan berusaha, berdoa dan menghindari maksiat.

Kembali lagi dalam doa memohon kebaikan diatas, dalam postingan instagram itu agar mengucapkan doa itu dengan penuh kerendahan hati dan menaruh kepercayaan penuh serta menyerahkan diri kepada Allah subhanahuwata'ala.

Tulisan ini saya buat agar bisa dibaca kembali lagi oleh saya suatu hari nanti. Sebagai tambahan, agar bisa dibaca oleh siapapun kalian dan semoga bisa bermanfaat. Menyampaikan kebaikan adalah kewajiban sebagai setiap manusia.


No comments:

Post a Comment